Ocha Oke (@k_ocha)

@Regranned from @pelangiislam - Shalat Tanpa Menggunakan Sutrah
.
Demikian juga terlarang lewat di depan orang yang sedang shalat walaupun ia tidak menghadapย sutrah, orang yang melakukannya pun berdosa.
.
Berdasarkan hadits dari Abu Juhaim Al Anshari, bahwa Nabiย Shallallahuโ€™alaihi Wasallamย bersabda:
โ€œAndaikan seseorang yang lewat di depan orang yang shalat itu mengetahui dosanya perbuatan itu, niscaya diam berdiri selama 40 tahun itu lebih baik baginya dari pada lewatโ€ (HR. Al Bukhari 510, Muslim 507)
.
Namun para ulama berbeda pendapat dalam mendefinisikan lafadzย ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ูŠูŽุฏูŽูŠู ุงู„ู’ู…ูุตูŽู„ูู‘ูŠย (di depan orang yang shalat) yaitu berapa batasan jarak di depan orang shalat yang tidak dibolehkan lewat?
.
Dalam hal ini banyak pendapat yang dinukil dari para ulama:
.
-Tiga hasta dari kaki orang yang shalat
-Sejauh lemparan batu, dengan lemparan yang biasa, tidak kencang ataupun lemah
-Satu langkah dari tempat shalat
-Kembali kepada โ€˜urf, yaitu tergantung pada anggapan orang-orang setempat.Jika sekian adalah jarak yang masih termasuk istilah โ€˜di hadapan orang shalatโ€™, maka itulah jaraknya.
-Antara kaki dan tempat sujud orang yang shalat
.
Yang dikuatkan oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al โ€˜Utsaimin adalah antara kaki dan tempat sujud orang yang shalat. Karena orang yang shalat tidak membutuhkan lebih dari jarak tersebut, maka ia tidak berhak untuk menghalangi orang yang lewat di luar jarak tadi (Syarhul Mumthiโ€™, 3/246).
.
Dengan demikian jika ingin lewat di depan orang yang shalat yang tidak menggunakan sutrah hendaknya lewat diluar jarak sujudnya, dan ini hukumnya boleh.
.
Semoga bermanfaat
๐ŸŒsumber muslim.or.id
๐Ÿ‘ค@ikhwan.id | #ikhwanid
.
#ikhwanid #instagram #dakwah #salah #shalat #sholat #pray #prayer #fajr #nasehat #pagi #semangat #mariperbaikidiri #dakwahtauhid #dakwahislam #islamicquotes #cintaidakwah - #regrann

Muh. Faikal Risno (@faikal_risno_10)

๐Ÿš‡AL-QUDS ADALAH MILIK KITA
.
โฑ Asy-Syaikh Prof. DR. Sulaiman bin Salimullah ar-Ruhaili hafizhahullahu ta'ala (Guru Besar Jurusan Akidah, Univ. Islam Madinah & Staf Pengajar di Masjid Nabawi)
.
ุงู„ู‚ุฏุณ ู„ุงูŠู…ู„ูƒู‡ุง ุชุฑุงู…ุจ ูˆู„ูŠุณ ู„ู‡ ููŠู‡ุง ุฐุฑุฉ ุชุฑุงุจ ูู„ูŠุณ ู„ู‚ุฑุงุฑู‡ ู‚ูŠู…ุฉุจู„ ู‡ูˆ ุฒูŠุงุฏุฉ ุบุตุจ ู„ู‚ุฏุณู†ุง ูˆู‡ูŠ ู„ู†ุง ูˆุงู„ูˆุงุฌุจ ุนู„ู‰ ุงู„ุฌู…ูŠุน ุงู„ุนู…ู„ ุนู„ู‰ ุงุณุชุนุงุฏุชู‡ุง ุจุชู‚ูˆู‰ ุงู„ู„ู‡ ูˆุชุญู‚ูŠู‚ ุงู„ุชูˆุญูŠุฏ ูˆุงู„ุฏุนูˆุฉ ุฅู„ูŠู‡ ูˆุงู„ุญุฑุต ุนู„ู‰ ู…ุงูŠู‚ูˆูŠ ุฏูˆู„ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ูˆุงู„ุญุฐุฑู…ู…ุง ูŠุถุนูู‡ุง ูˆูŠุฌุจ ุนู„ู‰ ุงู„ู‚ุงุฏุฉ ุนู…ู„ ูƒู„ ู…ุงูŠู…ูƒู† ู„ุงุณุชุนุงุฏุชู‡ุง ุจุนู‚ู„ ูˆุญูƒู…ุฉ ูˆุญุฒู… ูˆุชุดุงูˆุฑ
.
โ–  โ€œAl-Quds bukanlah milik Trump. Dia tidak mempunyai satu butir debu pun darinya maka ketetapannya pada al-Quds tidak ada nilainya bahkan hanya semakin menambah bentuk perebutan dari al-Quds kita.
.
โ€ป Al-Quds sebenarnya adalah milik kita (muslimin, -pent).
.
โœ“ Wajib bagi semuanya andil berbuat agar mulai mengembalikannya
โ–ธ dengan melakukan ketaqwaan kepada Allah,
โ–ธ merealisasikan tauhid, berdakwah kepadanya,
โ–ธ bersemangat terhadap perkara yang dapat menguatkan negri-negri muslimin,
โ–ธ serta menjauhi apa saja yang bisa melemahkannya,
.
โœ“ dan wajib bagi para pemimpin melakukan segala hal yang dapat memungkinkan kembalinya al-Quds
โ–ธ dengan akal,
โ–ธ kebijakan,
โ–ธ tekad kuat,
โ–ธ dan musyawarah.โ€
.
Url: http://www.alfawaaid.net/2017/12/al-quds-adalah-milik-kita.html
.
{ Judul dari Admin }
๐Ÿ“ฎโ€ขโ€ขโ€ขโ€ข|Edisi| @ukhuwahsalaf / www.alfawaaid.net
.
// Sumber:
Alih bahasa: Akh Abu Muhammad Rahmad Ibnu Rosyid // Dari https://twitter.com/solyman24/status/938736392196247552
.
โžฅ #Nasehat #al_quds #adalah_milik_kita #kaum_muslimin

Dyan Icha (@dyan.icha103)

"Saat Allah memasukkan rasa kasih sayang kedalam hati seorang manusia, boleh jadi itu adalah nikmat yang besar boleh jadi pula itu adalah ujian yang berat. Bagi orang yang sedang sendiri, memiliki pasangan atau yang ingin berpisah punya ujian masing masing, ujian yang kecil dimata kita tapi mungkin besar dimata mereka. Dan ada dua pilihan dalam hidup ini yang kamu harus pikirkan baik baik yaitu : pekerjaan dan pasangan hidup. Mengapa? Karena kelak kamu akan menghabiskan lebih dari separuh usia dengan keduanya dan lebih dari itu dia yang bersamamu didunia ini akan bersamamu di Akhirat kelak.."
.
Puisi dan musikalisasi by : Dedy Chandra H - @dechan5 2017
#tersenyumlah.semesta
.
. .
.
#katabijak #motivasi #quoteislam #quote #ihatequotes #wisdom #katamutiara #motivasiislami #semangat #nasehat #pepatah #ihatequotes #katamutiara #motivasidiri #motivasipagi #motivasihidup #motivasiislam #quoteoflife #kutipan #quoteoftheday #qotd #love #life #smile #happy #shotout #islamic #islamicquotes #islamicart

Reza Kukuh Febrianto (@reza_kukuh)

.
.
ุฃูŽุฎูŽุฐูŽ ุจููŠูŽุฏููŠ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽุŒ ููŽุฌูŽุนูŽู„ูŽ ูŠูุนูŽู„ู‘ูู…ูู†ููŠ ู…ูู…ู‘ูŽุง ุนูŽู„ู‘ูŽู…ูŽู‡ู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ: โ€ย ุฅูู†ู‘ูŽูƒูŽ ู„ูŽู†ู’ ุชูŽุฏูŽุนูŽ ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง ุงุชู‘ูู‚ูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ุฃูŽุนู’ุทูŽุงูƒูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ู…ูู†ู’ู‡ูย โ€œ.
.
โ€œโ€˜Sesungguhnya tidaklah Engkau meninggalkan sesuatu karena ketakwaanย kepadaย Allah Taโ€™ala, kecuali Allah pasti akan memberikan sesuatuย (sebagai pengganti,)ย yang lebih baik darinya.โ€ย (HR. Ahmad no. 20739. Dinilai shahih oleh Syaikh Syuโ€™aib Al-Arnauth.)
.
.
#ustadz #berrielmakky #ceramah #kajian #islam #islamic #dakwah #majelistaklim #dakwahsunnah #dakwahsosmed #majelisilmu #belajarislam #nasehat #life #belajarislam #istiqomah

IMAN DAN CINTA (@iman_dan_cinta)

Intinya komitmen yang jelas, jika iya, ya iya. Jika tidak ya tidak.
Jangan buat bingung hati ini, sebab laki-lakipun berhak menuntut kepastian dan kami tak ingin dipermainkan apa lagi jadi bahan koleksian.๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š
#santri #santriputri #santriputra #santrihits #santriwan #perempuan #wanitamuslimah #wanita #cintankri #cinta #jilbabers #jilbab #kalamulama #nasehatbijak #nasehat #kyai #nasehatsejuk #nu #nahdhatululama #pondok #hijabstyle #hijabfashion #hijabtutorial

Nurdin Al Fath (@nurdin_al_fath)

from @wisnuadiramdhani - GODAAN UNTUKMU

Pembicara : al-Ustadz Adi Hidayat, Lc, MA. hafidzahullahu ta`ala

#shift #kajiansatumenit #kajianahlussunnah #dakwahahlussunnah #ahlussunnahwaljamaah #akhyartv #madanitv #tamansurga #islamdiary #kajianustadzadihidayat #ustadzadihidayatlcma #ustadzadihidayat #adihidayat #ustadzmuda #ustadzpintar #ustadzcerdas #ustadzcerdik #ustadzjenius #nasehat #ilmu #motivasi #kalammutiara #muhasabbahdiri #renungan

Iblis berkata: Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus. Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat). (QS. al-Aโ€™raf : 16โ€“17)

Perangilah musuhmu yang sesungguhnya. Berjuanglah melawannya. Jawablah panggilan Allah. Jika kamu menunda panggilan-Nya, maka pikirkanlah saat kamu berdo'a. Inginkah do'amu ditunda untuk diijabah oleh Allah?

Source : AkhyarTV (Islam Diary)
.
(Tag Share Keluarga & Sahabat Kesayanganmu ^^)

(@ovieoctavia)

Lelah dikejar Dunia,
โ €
Orang yang cinta kepada akhirat akan memperoleh rezki yang telah Allah tetapkan baginya di dunia tanpa bersusah payah, berbeda dengan orang yang terlalu berambisi mengejar dunia, dia akan memperolehnya dengan susah payah lahir dan batin.
โ €
Salah seorang ulama salaf berkata, โ€œBarangsiapa yang mencintai dunia (secara berlebihan) maka hendaknya dia mempersiapkan dirinya untuk menanggung berbagai macam musibah (penderitaan)โ€œ Dinukil oleh imam Ibnul Qayyim dalam kitab โ€œIgaatsatul lahfaanโ€.
โ €
Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah berkata, โ€œOrang yang mencintai dunia (secara berlebihan) tidak akan lepas dari tiga (macam penderitaan): Kekalutan (pikiran) yang selalu menyertainya, kepayahan yang tiada henti, dan penyesalan yang tiada berakhir. Hal ini dikarenakan orang yang mencintai dunia (secara berlebihan) jika telah mendapatkan sebagian dari (harta benda) duniawi maka nafsunya (tidak pernah puas dan) terus berambisi mengejar yang lebih daripada itu, sebagaimana dalam hadits yang shahih Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda, โ €
โ€œSeandainya seorang manusia memiliki dua lembah (yang berisi) harta (emas) maka dia pasti (berambisi) mencari lembah harta yang ketigaโ€œ
โ €
Semoga kita di jauhkan dari sifat cinta dunia. Dan kita lebih mencintai akhirat kita
โ €
โ €
โ €
#ammarchannel #bikersholeh #ammartv#murottal#sunnah #janganlupangaji #yukngaji#tadabur#quran #islam #sunnah #pesan#nasehat#motivation #istiqomah #cinta #love#islam #ilmu#menuntutilmu #ibadah #hijrah#iman #taqwa#dakwah #muslim

Nurdin Al Fath (@nurdin_al_fath)

from @arifqaidul - Sucikan Diri Benahi Hati
.
Iman itu perlu diperbaharui karena dia dapat lusuh seperti pakaian. Oleh karena itu, para sahabat Rasulullah menggandeng tangan saudaranya yang lain seraya mengatakan, โ€œMarilah kita perbaharui iman kita meskipun sesaatโ€ kemudian mereka duduk di suatu majlis, lalu berdzikir kepada Allah.
.
Dzikrullah, membaca Alquran, melakukan ketaatan adalah cara ampuh untuk memperbaharui iman yang bersemayam dalam jiwa seorang mukmin. Karena iman itu bisa bertambah dengan sebab perbuatan taat dan berkurang dengan sebab kemaksiatan. Dalam usaha meningkatkan keimanan, seorang mukmin mestinya benar-benar bersandar kepada Allah sehingga akan menghasilkan buah yang penuh barakah yaitu kesucian jiwa, sebagaimana disabdakan oleh Nabi yang mulia dalam doanyaย shallallahu โ€˜alaihi wasallamย :
.
ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุขุชู ู†ูŽูู’ุณููŠู’ ุชูŽู‚ู’ูˆูŽุงู‡ูŽุง ูˆูŽุฒูŽูƒู‘ูู‡ูŽุง ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑูŽ ู…ูŽู†ู’ ุฒูŽูƒู‘ูŽุงู‡ูŽุง
.
โ€œYa Allah ! Berikanlah ketakwaan kepada jiwaku dan sucikanlah jiwaku, sungguh Engkau Pembersih jiwa terbaikโ€
.
.from @ammarchannel
.
#ammarchannel #bikersholeh #ammartv #murottal#sunnah #janganlupangaji #yukngaji #tadabur#quran #islam #sunnah #pesan #nasehat#istiqomah #islam #ilmu #menuntutilmu #ibadah#hijrah #iman #taqwa #dakwah #muslim

Muslimedia (@muslimedia_)

Mengikhlasakan niat karena Allah ta'ala.
.
Merupakan hal yang paling pantas untuk menjadi perhatian, jenjang tertinggi yang para hamba berbeda-beda dalam tingkatannya, permata berharga yang orang-orang shalih berlomba-lomba untuk mewujudkannya dan menghindari perkara-perkara yang dapat menodainya.
.
.
.
.
#Allah
#indonesiabertauhid #tauhid #instagram #sharing #dakwah #dunia #muslim #hadits #nabi #nabimuhammadsaw #prophetmuhammad #islamicquotes #islamicpost #reminder #salafusshaleh #nasihat #nasehat #niat #ikhlas #Lillahitaala
#islam

Rahmah Ramadhana M. (@rahmahrg)

#repost
_________________________________________________
sabar gak ada batasnya, seperti saya minta sabar sama Allah: "ya Allah gini-gini amat ya?"
tapi tugas Allah hanya menguji,ย 
sabar kita sendiri yg mengelola sabar itu
kalau sabar hadiahnya payung cantik gak ada yang mau sabar, cuma payung doang.

Al Quran surat Az-Zumar ayat 10
"Allah memberikan pahala sabar tanpa batas"

jadi kalau ada yang ngebenci kita, ngehujat kitaย 
mencaci maki kita, mendzolimi kita gak bikin kita hina

doa aja udah, kita dikasih tangan sama Allah
doakan orang-orang yang dzolim sama kita
yang membenci kita, yang fitnah kita doakan
ya Allah muliakan rumah tangganya ya Allah
bahagiakan, selamatkan ya Allah doa itu akan kembali untuk kita, insyaa Allah
(Umi Pipik)
_________________________________________________
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:
"Katakanlah (Muhammad), Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman! Bertakwalah kepada Tuhanmu. Bagi orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Dan Bumi Allah itu luas. Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas."
(QS. Az-Zumar 39: Ayat 10)
_________________________________________________
Semoga Bermanfaat๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š
.
#hijrahsantunย #sabarย #sabarituindah#sabarlahdirikuย #payungcantikย #payungteduh#payungย #kuatย #ujianย #umiย #hidupย #motivasi#motivasiislamย #motivasihidupย #motivasikerja#renunganย #renunganmalamย #renunganbersama#nasehatย #mutiaraย #jualcadarย #rumahtangga#keluargaย #mozaikislam #lfl

๐Ÿ’—ISLAM|๐Ÿ’—ALLAH|๐Ÿ’—NABIMUHAMMAD (@12_islami_)

@Regrann from @ammarchannel - Doa ini adalah doa dari Nabi Adam dan Hawaโ€™ ketika menyesali perbuatan maksiat mereka kepada Allah. Yang artinya :
โ €
โ€œYa Tuhan Kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi."
โ €
Nah teman-teman tau ga doโ€™a ini ada di Surat apa dan Ayat keberapa yah?
โ €
โ €
๏ฟผ๐ŸŽฌ@ammarchannel (Follow)
๏ฟผ๐ŸŽค@boim97
โ €

#ammarchannel #bikersholeh #ibrohimelhaq #boim97 #ammartv#murottal #sunnah #janganlupangaji #yukngaji #tadabur #quran #islam #sunnah #pesan#nasehat #motivation #istiqomah #cinta #love#islam #ilmu #menuntutilmu #ibadah #hijrah#iman #taqwa #dakwah #muslim

Kak Jek (@kakjek)

Kalo pasangan kamu, gak mau menyelesaikan masalah dengan baik baik. Coba dengan poling SMS.

#qoutesoftheday
#qoutes
#kakjek
#nasehat
#malam

Ifin (@ifin_al_batakany)

@Regranned from @kajianislam - RENUNGAN MALAM

Iya kalo amal shalihnya banyak, kalo dikit? Ngenes bin nestapa bin bangkrut bin nyesel

Rasulullah shalallahu alaihi wasallamย bersabda :

ุฃูŽุชูŽุฏู’ุฑููˆู’ู†ูŽ ู…ูŽุง ุงู„ู’ู…ููู’ู„ูุณูุŸ ู‚ูŽุงู„ููˆู’ุง: ุงู„ู’ู…ููู’ู„ูุณู ูููŠู’ู†ูŽุง ู…ูŽู†ู’ ู„ุงูŽ ุฏูุฑู’ู‡ูŽู…ูŽ ู„ูŽู‡ู ูˆูŽู„ุงูŽ ู…ูŽุชูŽุงุนูŽ. ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ู…ููู’ู„ูุณูŽ ู…ูู†ู’ ุฃูู…ู‘ูŽุชููŠ ู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุฃู’ุชููŠ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู ุจูุตูŽู„ุงูŽุฉู ูˆูŽุตููŠูŽุงู…ู ูˆูŽุฒูŽูƒูŽุงุฉูุŒ ูˆูŽูŠูŽุฃู’ุชููŠ ู‚ูŽุฏู’ ุดูŽุชูŽู…ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ูˆูŽู‚ูŽุฐูŽููŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ูˆูŽุฃูŽูƒูŽู„ูŽ ู…ูŽุงู„ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ูˆูŽุณูŽููŽูƒูŽ ุฏูŽู…ูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ูˆูŽุถูŽุฑูŽุจูŽ ู‡ูŽุฐูŽุงุŒ ููŽูŠูุนู’ุทูŽู‰ ู‡ูŽุฐูŽุง ู…ูู†ู’ ุญูŽุณูŽู†ูŽุงุชูู‡ู ูˆูŽู‡ุฐูŽุง ู…ูู†ู’ ุญูŽุณูŽู†ูŽุงุชูู‡ู. ููŽุฅูู†ู’ ููŽู†ููŠูŽุชู’ ุญูŽุณูŽู†ูŽุงุชูู‡ู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูู‚ู’ุถูŽู‰ ู…ูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูุŒ ุฃูุฎูุฐูŽ ู…ูู†ู’ ุฎูŽุทูŽุงูŠูŽุงู‡ูู…ู’ ููŽุทูุฑูุญูŽุชู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุซูู…ู‘ูŽ ุทูุฑูุญูŽ ูููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู
.
โ€œTahukah kalian siapakah orang yang bangkrut itu?โ€ Mereka menjawab: โ€œOrang yang bangkrut di kalangan kami adalah orang yang tidak memiliki dirham dan tidak pula memiliki harta/barang.โ€
.
Rasulullah bersabda: โ€œSesungguhnya orang yang bangkrut dari umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala shalat, puasa, dan zakat. Namun ia juga datang dengan membawa dosa kedzaliman.
.
๐Ÿ”บ Ia pernah mencela saudaranya,
๐Ÿ”บ Menuduh tanpa bukti (memfitnah),
๐Ÿ”บ Memakan harta,
๐Ÿ”บ Menumpahkan darah orang,
๐Ÿ”บ Memukul orang lain (tanpa hak)

Maka sebagai tebusan atas kedzalimannya tersebut, diberikanlah kebaikannya kepada orang-orang itu. Hingga apabila kebaikannya telah habis dibagi-bagikan kepada orang-orang yang didzaliminya sementara belum semua kedzalimannya tertebus, diambillah kejelekan/ kesalahan yang dimiliki oleh orang yang didzaliminya lalu ditimpakan kepadanya, kemudian dia dilemparkan ke dalam neraka.โ€ (HR. Muslim 6522)

Subhanallah sunggu sangat merugi orang yang demikian ini.. Ruginya kenapa? Apa-apa yang ditabungnya selama di dunianya sirna karena sebab apa yang dilakukannya, lisannya, tangannya, dia hanya melampiaskan apa yang ingin dilampiaskan tanpa mampu mengendalikan bahwa ini berbahaya atau tidak terlebih bagi akhiratnya.

Ref: shahihfiqih.com

FOLLOW @kajianislaam
FOLLOW @kajianislaam
FOLLOW @kajianislaam

#instagram #islam #kajianislam #renungan #nasihat #nasehat #muflis #ghibah #fitnah #jagalisan

7878des (@itsme78_des)

Sebagian orang mengira bahwa untuk menjadi orang besar itu harus selalu menang, dan terdepan.

Namun tahukah anda bahwa sejatinya pola pikir di atas adalah cermin kerdilnya seseorang ?

Orang besar itu merendah ketika menang, berbesar hati ketika kalah, dan merangkul ketika behasil, memaafkan ketika disakiti, dan melupakan kesalahan orang.

Andai anda hanya mau bersatu dengan saudara anda bila seluruh hak anda telah diberikan, dan pelaku kesalahan mengakui kesalahannya, niscaya persatuan hanya akan ada dalam impian anda, alias anda tidak akan pernah bisa bersatu dengan siapapun kecuali dengan diri anda sendiri. Karena ternyata anda sendiri juga berlumuran dengan banyak kesalahan sebagaimana orang lain, sampaipun istri anda juga belepotan dengan kekurangan.

Coba anda camkan; mengapa Al Hasan cucu Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam dijuluki sebagai pemimpin ummat, padahal ia pada akhir hayatnya justru kehilangan status sebagai Khalifah ? Karena dia lebih memilih untuk mengalah, dan menyerahkan khilafah kepada sahabat Muโ€™awiyah demi tercapainya persatuan ummat.

Ternyata ummat Islam bisa bersatu dengan kebesaran jiwa pemilik hak yang rela melepaskan haknya dan memaafkan saudaranya, walaupun terbukti salah.

Namun ingat, bahwa yang beliau maafkan dan relakan adalah hak dan kehormatan pribadinya bukan syariโ€™at agamanya.

Adapun kebenaran yang berkaitan dengan halal, haram, dan hukum hukum Allah, maka tidak sedikitpun beliau korbankan.

Jadi, bagaimana ? mau jadi orang besar atau orang kerdil ?

Ustadz DR. Muhammad Arifin Badri MA,ย ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰
๐Ÿ“bbg-alilmu.com
๐Ÿ“ฑ@ikhwan_bumiayu
#nasehat #selfreminder #proudtobeamoslem
More...